Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Tingkat SMP di Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Lisa Rodhiyatussolichah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1.29

Keywords:

Kebijakan sistem zonasi, PPDB, Implementasi

Abstract

Pendidikan secara teknis seharusnya dapat dirasakan oleh seluruh warga Indonesia sampai ke pelosol-pelosok nusantara. Implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi tingkat SMP di Kabupaten Sidoarjo merupakan kebijakan yang bertujuan pemerataan akses dan mutu pendidikan yaitu dengan mendekatkan layanan pendidikan dan meratakan mutu Pendidikan pada masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendiskripsikan implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi tingkat SMP di Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan memanfatakan data berupa kalimat-kalimat tertulis maupun lisan dari pelaku kebijakan. Fokus dalam penelitian ini adalah implementasi standart operasional prosedur (SOP) dalam PPDB sistem zonasi tingkat SMP di Kabupaten Sidoarjo. Lokus penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo dan untuk menentukan subjek menngunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi tingkat SMP di Kabupaten Sidoarjo telah berjalan cukup baik apabila ditinjau dan dikaitkan dengan empat faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan menurut George Edward III (1980) yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Dalam komunikasi masih ada beberapa hal yang masih berjalan kurang baik yakni orangtua tidak mau tau dengan informasi yang telah diberikan oleh pelaksana akan tetapi ketika terjadi masalah mereka menyalahkan para pelaksana.Selain itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo masih belum memiliki sumberdaya, yang mampu  dalam penentuan/pembagian zonasi yakni ditunjukkan dengan adanya kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo dengan ITS Surabaya sebagai penentu/pembagi zona peserta didik.

References

Angin, R. (2020). Dimensi Interaksi Antar Aktor Dalam Proses Implementasi Kebijakan Keterwakilan Pemimpin Sebagai Calon Anggota Legislatif. Cetakan Pertama. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Aristo, T. JV. (2019). Analisis Pemerataan Pendidikan di Kabupaten Sintang. Kalimantan Barat: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.10923

dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, P. (2022). Penyampaian Jadwal PPDB Tahun Ajaran 2022/2023 Nomor 421/1298/438.5.1/2022.

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Cetakan Pertama. Bandung: Gd. Percetakan dan Penerbitan.

Hudin, J. M. (2019). Measuring Quality of Information System Through Delone Mclean Model in Online Information System of New Student Registration (SISFO PPDB). 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2018. https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674310 DOI: https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674310

Jaloustre, A. (2023). Grade repetition, exemption from the school zoning, instructions at home, exam arrangements: What accommodations are possible in view of the child’s health and disability? Sante Mentale et Droit, 23(6), 1180–1187. https://doi.org/10.1016/j.smed.2023.10.030 DOI: https://doi.org/10.1016/j.smed.2023.10.030

Madariaga-Mazón, A. (2019). Distribution of toxicity values across different species and modes of action of pesticides from PESTIMEP and PPDB databases. Toxicology Research, 8(2), 146–156. https://doi.org/10.1039/c8tx00322j DOI: https://doi.org/10.1039/C8TX00322J

Mursyidah, L. (2021). PPDB Online As Innovation of Education Services. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012074 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012074

Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 11 Tahun 2021. (n.d.). DOI: https://doi.org/10.32503/mizan.v11i2.3120

Perbup No. 50 Tahun 2022 tentang (PPDB) penerimaan peserta didik baru pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Sidoarjo. (n.d.). jdih.kemendikbud.go.id.

Permendikbud No. 1 Tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. (n.d.). jdih.kemendikbud.go.id.

Purwanti, D., Irawati, I., Adiwisastra, J., & Bekti, H. (2019). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi Di Kota Bandung. Jurnal Governansi, 5(1), 12. DOI: https://doi.org/10.30997/jgs.v5i1.1699

Ramantokoa, G. (2019a). Investigating the role of gender and education in de lone and mclean’s model: Case of PPDB Bandung City. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(5), 909–917.

Ramantokoa, G. (2019b). Investigating the role of gender and education in de lone and mclean’s model: Case of PPDB Bandung City. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(5), 909–917.

Risal, A. A. N. (2022). School Zoning System for Student Admission using Constrained K-Means Algorithms. Proceeding - IEEE International Conference on Communication, Networks and Satellite, COMNETSAT 2022, 174–178. https://doi.org/10.1109/COMNETSAT56033.2022.9994366 DOI: https://doi.org/10.1109/COMNETSAT56033.2022.9994366

Ruminiati. (2016). Sosio Antropologi Pendidikan, Suatu Kajian Multikultural. Cetakan Pertama. Malang: Penerbit Gunung Samudra.

Sidoarjo Dalam Angka. (2020). Penyediaan Data Untuk Perencanaan Pembangunan. Sidoarjo: Badan Pusat Statistik.

Stewart, G. (2021). School Zoning: Spatial Justice and Education Policy in Aotearoa New Zealand. New Zealand Journal of Educational Studies, 56. https://doi.org/10.1007/s40841-021-00204-5 DOI: https://doi.org/10.1007/s40841-021-00204-5

Susila, I. (2015). Implementasi Dimensi Layanan Publik Dalam Konteks Otonomi Daerah. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Susilawati, E. (2022). Antecedents of Student Character in Higher Education: The role of the Automated Short Essay Scoring (ASES) digital technology-based assessment model. Eurasian Journal of Educational Research, 2022(98), 203–220. https://doi.org/10.14689/ejer.2022.98.013

Winarno, B. (2016). Kebijakan Publik Era Globalisasi (Teori, Proses dan Studi Kasus Komparatif). Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Buku Seru.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Rodhiyatussolichah, L. . (2024). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Tingkat SMP di Kabupaten Sidoarjo . Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 2(1), 12. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1.29

Issue

Section

Articles