Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Lely Dwi Agustin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Noly Shofiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1.28

Keywords:

IPA, Miskonsepsi, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan miskonsepsi siswa serta ada tidaknya pengaruh dari penerapan model PBL dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA di tingkat IV SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pre-experimental dengan desain one-group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Kenongo 1 yang berjumlah 91 siswa. Sampel diambil sebanyak 23 siswa dari kelas IV-B dengan menggunakan Teknik random sampling dari semua kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Dimana tes ini dilakukan sebelum diberikan perlakuan model PBL (pretest) dan sesudah diberikan perlakuan dengan model PBL (posttest). Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes diagnostic two-tier yang terdiri dari 15 soal. Analisis yang digunakan menggunakan rumus N-Gain. Siswa yang mengalami miskonsepsi dengan rata-rata nilai pretest dan posttest yakni 41,3 dan 30,4 dengan skor N-Gain 0,15 yang dikategorikan rendah. Kemudian nilai siswa yang paham konsep dengan rata-rata nilai pretest dan posttest yakni 33,56 dan 56,47 dengan skor N-Gain 0,34 yang dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD.

References

Abdurrahman, S. (2020). Konsep pendidikan anak dalam keluarga perspektif Zakiah Daradjat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Agustin, L., Laila, A., Budiono, H. (2018). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kabupaten Kediri. (Online). Tersedia: [link]. [Diakses 27 Februari 2023].

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1).

Amalia, K., Wijayasir, U. E., & Kusumaningtyas, H. (2023, January). Mengatasi Miskonsepsi Membandingkan Nilai Pecahan Sederhana Kelas 3 Sd Dengan Model Pbl Berbasis Teori Bruner. In Prosandika Unikal (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 45-58.

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Pada Muatan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 422-432.

Dwilestari, D., & Desstya, A. (2022). Analisis Miskonsepsi pada Materi Fotosintesis dengan Menggunakan Peta Konsep pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3343-3350. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2611

Faishol, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick, Carey & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 31-49.

Fatchurrohmah, A. E., Sarwi, S., & Utsman, U. (2017). Pengaruh problem based learning melalui demonstrasi dan diskusi terhadap kemampuan verbal. Journal of Primary Education, 6(2), 140-146.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103-111. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Karmila, K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 102-112.

Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi dalam materi IPA sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166-175. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588

Mentri, Pendidikan Nasional. (2010). Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional.

Muna, I. A. (2017). Model pembelajaran POE (predict-observe-explain) dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 73-92.

Munawaroh, F., & Falahi, M. D. (2016). Identifikasi miskonsepsi siswa SDN Kemayoran I Bangkalan pada konsep cahaya menggunakan CRI (Certainty of Response Index). Jurnal Pena Sains, 3(1), 69-76.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050

Nasution, R. H., Wijaya, T. T., Putra, M. J. A., & Hermita, N. (2021). Analisis miskonsepsi siswa SD pada materi gaya dan gerak. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 11-21. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.10851

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244

Nurhadi, M., & Widiyowati, I. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa tentang Konsep Reaksi Redoks. Jurnal Zarah, 8(1), 14-20.

Renitasri, R., Firman, F., & Efendi, J. (2021). Pengembangan Model Instrumen Tes Diagnostik Bentuk Two-Tier untuk Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2351-2358. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1211

Setiawan, W. E., & Rusmana, N. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi IPA Kelas V SD. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 116-126.

Setiawan, W. E., & Rusmana, N. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi Ipa Kelas V Sd. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 116-126. DOI: https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.981

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan hasil belajar menggunakan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas 5 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 1(2), 99-108.

Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2(2), 19-24.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1). DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Bio Educatio, 2(2), 279470.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Agustin, L. D. ., & Shofiyah, N. (2024). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar . Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 2(1), 13. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1.28

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.