Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Bilingual Al Ikhlas Kepanjen
DOI:
https://doi.org/10.47134/emergent.v2i2.23Keywords:
peningkatan, keterampilan menulis, video animasiAbstract
Media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil kemampuan siswa, khususnya dalam keterampilan menulis siswa dalam bahasa arab. Salah satu alternatif media yang dapat digunakan yaitu media video animasi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media video animasi dalam pembelajaran maharah kitabah dan bagaimana penggunaan media video animasi dapat meningkatkan maharah kitabah pada siswa kelas II di MI Bilingual Al Ikhlas Kepanjen. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media video animasi dalam pembelajaran keterampilan menulis dan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Bilingual Al Ikhlas Kepanjen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pada pra siklus memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,06%. Siklus I memperoleh persentase kentuntasan belajar klasikal siswa sebesar 72,41% dan siklus II sebesar 89,65%.
References
Al Fauzan, D. A. R. bin I. (2010). Idhaat. perpustakaan Lisan Arab.
Al-Fauzan, D. A. R. bin I., Hussain, D. M. A.-T., & Fadl, D. M. A. K. M. (2014). Al-’Arabiyyah baina Yadaik (Edisi Kedua). Riyadh.
Attha, D. I. M. (2006). Al Marji’ Fii Tadris Al-Lughah Al-’Arabiyyah (Edisi Kedu). Nashr: Heliopolis.
Ayuliandari, F., & Sylvia, I. (2022). Efektivitas Media Video Animasi dalam Pembelajaran Sosiologi terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Peserta Didik pada SMAN 12 Merangin, 1, 113–117. DOI: https://doi.org/10.24036/nara.v1i2.33
Fauzi, M., & Thohir, M. (2021). Pembelajaran Kaligrafi Arab untuk Meningkatkan Maharah Al-Kitabah. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 226–240. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v9i2.6554 DOI: https://doi.org/10.24235/ibtikar.v9i2.6554
Fitrianisah. (2021). Konsep Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD, 54–66.
Handayani, S., & Syafi’i. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima ’ Bahasa Arab. Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2). https://doi.org/10.30997/tjpba.v DOI: https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6138
Harimi, A. C. (2021). Pembelajaran Maharah Bahasa Arab Berbasis Inklusif. Tarling, 1(2), 19–32. DOI: https://doi.org/10.24090/tarling.v1i2.1783
Kartika Sari, B., Farhana Herdajanti, A., Yulianing Puspiyanti, R., Shifa, D., Khusni Muzzamil, M., & Oktafiyani, M. (2021). Video Animasi 2D sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Bahasa Arab pada TPQ Al Huda Wonodri Semarang. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 2774–6755.
Kuraedah, S. (2015). Aplikasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, IAIN Kendari, 8(2), 82–98.
Lestari, A. D. (2020). Istakhdam Al-Wasiilah A’laa ‘Asaasi Fidyu Almutaharrikah Litarqiyyati Natiijati Ta’allumi Al-Lughah Al-’Arabiyyah Lisshoffi As-Saabi’ Bi Madrasah As-Tsanawiyyah Fajrul Iman Patumbak Deli Serdang.
Lestari, Y. H. (2021). Pengembangan Media Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Linguistik Verbal Anak Usia 4-5 Tahun. DOI: https://doi.org/10.33367/piaud.v1i2.1941
Mashuri, D. K. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V Delila Khoiriyah Mashuri Abstrak, 1–11.
Mu’alimim, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik.
Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Prestasi Pustaka Jakarta.
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/567
Omar, A. M. A.-T. (2018). Manzilah Al-Lughah Al-’Arabiyyah baina Al-Lughaat Al-Mu’aashirah (2nd ed.). Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.
Putri, A. W. S., & Sunarti. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2D Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD.
Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiya Islam: Jurnal Keguruan dan Pendidikan Islam, 1, 1–8. Retrieved from ojs.unida.ac.id/tatsqifiy DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315
Royani, A. (2017). Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta, 2, 294–311. Retrieved from http://www.jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.67
Salahuddin, H. (2020). Efektivitas Video Animasi Berbasis Kinemaster untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa kelas VIII di Sekolah Mts. Nurul Huda Ketambul, Tuban.
Sukma, S. R. (2017). Penggunaan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Laju Penggunaan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar.
Sunandar, B. (2019). Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di Smp Qur’an Nurul Huda Pesawaran. Chmk Nursing Science Journal, 3(September), 1689–1699.
Turley, J. (2010). Mahaaraat Al-Qiro’ah Al-Sarii’ah (Edisi pert.). Riyadh.
Wahyudin. (2019). Tadris Maharah Al-Istima’ Numudzajan Li Ghoiri An-Naathiqiin Biha. International Journal of Arabic Teaching and Learning, 03(02).
Wardani, I. G. A. K., & Wihardit, K. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: CV. Jaya Abadi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Setyowati, Najih Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.