Efektivitas Penggunaan Metode Story Telling terhadap Maharah Al-Kalam Siswa Kelas X MAN Sidoarjo

Authors

  • Vivi Aprilia Megayanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Najih Anwar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/emergent.v1i4.35

Keywords:

Metode, Story Telling, Maharah Al-Kalam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode story telling terhadap maharah al- kalam. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental design dengan one group pre test-post test design. Instrument penelitian ini berupa tes, penelitian awal dilakukan pre-test kemudian dilakukan treatment dan kegiatan akhir dilakukan post-test. Pada penelitian ini ditemui adanya peningkatan nilai maksimum siswa dari 21 menjadi 25. Dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai correlation sebesar 0,659 atau 65,9%. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode storytelling efektif meningkatkan maharah al-kalam.

References

Ainiy, N., et al. (2022). Istirātījīyah Taʻlīm Mahārah al-Kalām bi-Istikhdām Barnāmaj al-Khaṭābah al-Minbarīyah fīMadrasat alʻIzzah al-Islāmīyah al-ʻĀlamīyah bi-Madīnat Bātū, 64–100.

Akid Jauhari, Q. (2018). PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA DI JURUSAN PBA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3440/2582

Al-Ghozali, M. D. H., & Ramadhan, D. C. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Maharah Kalam Berbasis Teori Konstruktivessme dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Din. J. Kaji. Pendidik. dan Keislam., 6(1), 19–40. https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1261 DOI: https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1261

Ardini, P. P. (2015). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905 DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905

As’ari, D. R. (2015). STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/12/10

Azwir. (2015). dharurah at-tandhim li ta'limi maharah al-kalam. Lisanuna, 3(1), 68–104. Retrieved from https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/3761/2526

Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. J. Pendidik. Bhs. Arab, 1(1), 1–12. https://core.ac.uk/download/pdf/233601877.pdf

Darwin, M., et al. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif.

Dinasari, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Storytelling dengan Media Boneka (Penelitian Tindakan Pada kelompok A Paud SABRINA 2016/2017). PAUD Lect. J. Pendidik. Anak Usia, 1(2), 102–114.

Effendi, A. F. (2017). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: MISYKAT.

Fajriah. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH AL- KITABAH PADA TINGKAT IBTIDAIYAH. PIONIR J. Pendidik., 6(2). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3337

Farhanah, N., Hassan, A., & Mamat, A. (2017). The Effects of Storytelling on Primary Students’ Arabic Vocabulary Acquisition and Interest. IIUM J. Educ. Stud., 5(2), 20–38. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/300471216.pdf DOI: https://doi.org/10.31436/ijes.v5i2.202

Fauzan, ’A. b. I. (2011). Idha’at li Mu’allimi al-Lughah al-Arabiyyah li ghair al-Nathiqina biha. Riyadh: Maktabah Malik Fahd.

Fransiska, F., & Elmubarok Jurusan Bahasa Asing, Z. (2015). Journal of Arabic Learning and Teaching EFEKTIVITAS METODE READING GUIDE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPS MAN DEMAK. https://doi.org/10.15294/LA.V4I1.7634

Hidayatul, K. (2020). LISANUNA, Vol. 10, No. 1 (2020). Lisanuna, 10(1), 32–44. Retrieved from https://www.google.com/search?q=metode+membaca+dalam+pembelajaran+bahasa+arab&oq=metode+membaca+dalam+pembelajaran+bahasa+arab&aqs=chrome..69i57j0i22i30i625.10501j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Lufri, et al. (2020). Metoddologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=qCrxDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Mardiyah, S. M. (2020). Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna J. Pendidik. Ilm., 5(1), 119–143. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3906 DOI: https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3906

Maspalah, M. (2015). Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. J. Pendidik. Bhs. dan Sastra, 15(1), 68. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v15i1.800 DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v15i1.800

Minatul Azmi, M. P. (2019). Metode Storytelling Sebagai Solusi Pembelajaran Maharah Kalam di PKPBA UIN Malang. Sastra Arab, 69–86. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/viewFile/448/414

Mubarak, Z. (2021). Penelitian Kuantitatif dan Statistik Pendidikan (Cara Praktis Meneliti Berbasis Contoh Aplikatif dengan SPSS). Tasikmalaya: CV. Pustaka Turats Press.

Nalole, D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Melalui Metode Muhadtsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Minhaj J. Pendidik. Islam, 1(1), 129–145.

Rosmitha, Y. A., & Ammar, F. M. (2022). Respon Siswa terhadap Penerapan Metode Storytelling dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Atas. Indones. J. Islam. Stud., 8. https://doi.org/10.21070/ijis.v8i0.1627 DOI: https://doi.org/10.21070/ijis.v8i0.1627

Samal, S. (2021). Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester I dan III TA 2016/2017 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon. Kuttab J. Ilm. Mhs., 2(1), 57. https://doi.org/10.33477/kjim.v2i1.2069 DOI: https://doi.org/10.33477/kjim.v2i1.2069

Setyonegoro, A., et al. (2020). BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/19217/1/EBOOK KETERAMPILAN BERBICARA OKE.pdf

Shah, A. (2018). tadris maharah al-kalam biaistikhdam kitab al-arabia bayn yadayk almukhalad al’awal bidar allughat al-arabiati. Banda Aceh: dar as-salam.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taeimatun, R. A. (2004). kitab almaharat allughawiat mustawayatiha tadrisuha sueubatiha. Riyadh: dar al- fikr al-arabii.

Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Stud. Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765 DOI: https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765

Truneckova, D. (2022). Elaborating Children’s Constructions through Story Telling. J. Constr. Psychol., 35(4), 1208–1217. https://doi.org/10.1080/10720537.2020.1805068 DOI: https://doi.org/10.1080/10720537.2020.1805068

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Megayanti, V. A. ., & Anwar, N. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Story Telling terhadap Maharah Al-Kalam Siswa Kelas X MAN Sidoarjo. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/emergent.v1i4.35

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)