Hubungan Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 24 Surabaya

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Enik Setiyawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/emergent.v1i4.34

Keywords:

Pemahaman Konsep, Kemampuan Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Hubungan Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dan menggunakan Teknik korelasi bivariate pearson. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV  di SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020. Dari penelitian ini ditemukan hasil yaitu terdapat hubungan antara pemahaman konsep dengan kemampuan matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 24 Surabaya.  Hasil tersebut bisa dibuktikan  dengan perolehan perhitungan data nilai signifikasi 0,501 atau (0,501 >0,05), serta diperoleh hasil rhitung0,11 yang diketahui lebih besar dari rtabel 0,369 dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05.

References

Apriandi, D., et al. (2017). Penerapan Media Simulasi Matlab Berbasis Interactive Conceptual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal Pendidikan Matematika AKSIOMA. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.968 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.968

Astuti, T. P., et al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TANDUR Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Peserta Didik. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika AKSIOMA, 7(2). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1497 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1497

Fathonah, Nur dkk. (2016). Pemahaman Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Wahana. https://doi.org/10.36456/wahana.v67i2.498 DOI: https://doi.org/10.36456/wahana.v67i2.498

Hasratudin. (2019). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2). http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/960

Hatim, Muhammad, dkk. (2009). Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Media Penanam Konsep KPK dan FPB di Sekolah Dasar. Edu Basic Jurnal Pendidikan Dasar. https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic

Jihan, A., et al. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multipressindo.

Karim, A., et al. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus no 1. https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic

Marhaeni, I. (2007). Pembelajaran Inovatif dan Asesmen Otentik dalam Rangka Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Produktif. Makalah dalam Menyusun Kurikulum dan Pembelajaran Inovatif di Universitas Udayana.

Markaban. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional PPG Matematika.

Purwanti, Ramadhania Dewi dkk. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika Al-Jabar. https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Rohmah, Emay Aenu dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Edu Humaniora. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5135 DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5135

Siagian, D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117

Sujianto, Agus Eko. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Sulistiani, E. (2016). Penting Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/21554/10278/

Tristanti, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika AKSIOMA, 6(3). https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1131

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Hasanah, U. ., & Setiyawati, E. (2024). Hubungan Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 24 Surabaya . Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/emergent.v1i4.34

Issue

Section

Articles