Penerapan Scratch dalam Pembelajaran Coding Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Yusuf Triambodo Mulyadi Putro Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ruli Astuti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/emergent.v1i4.37

Keywords:

scratch, coding, siswa SD

Abstract

Scratch dalam pembelajaran pemrograman memiliki bahasa pemrograman yang sederhana yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa. Melihat perkembangan digital dan kebutuhan pendidikan saat ini dan di masa depan, Scratch memiliki peran yang cukup baik dalam aplikasinya di sekolah dasar sebagai pelopor menuju literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan aplikasi Scratch dalam pembelajaran pemrograman dengan panduan penggunaan Scratch sebagai aplikasi pendukung pembelajaran pemrograman. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif pada siswa kelas VI SD Plus Muhammadiyah Brawijaya Kota Mojokerto. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: (1) wawancara; (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik triangulasi data dengan merujuk pada konsep Miles dan Huberman. Analisis pengalaman pengguna dalam penelitian ini menggunakan Model Penerimaan Teknologi (TAM) sebagai panduan penggunaan Scratch sebagai aplikasi pendukung pembelajaran pemrograman.

References

Amalia, A. R. (2022). Model Computational Thinking Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pembelajaran di SD. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 499–507.

Amalia, R., & Astuti, R. (2023). Use of Educational Games to Improve Science Learning Outcomes of Elementary School Students. Academic Open, 8. doi: 10.21070/acopen.8.2023.5100. DOI: https://doi.org/10.21070/acopen.8.2023.5100

Andy Hidayat Jatmika, et al. (2021). Pengenalan Logika dan Algoritma Pemrograman Menggunakan Program Aplikasi Komputer Scratch Bagi Siswa Usia Tingkat Dasar di SD Negeri Model Mataram. Jurnal PEPADU, Jan 2021. Diakses: 30 Maret 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu/article/view/114

Gunadi, G., & Sudaryana, I. K. (2021). Analisa tingkat penerimaan aplikasi Scratch menggunakan technology acceptance model (TAM). Infotech Jurnal Teknologi Informasi, 7(1), 7–18. DOI: https://doi.org/10.37365/jti.v7i1.101

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara.

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hikmawan, R., Sari, D. P., Widodo, S., Setiawan, D., Ramadhan, M. I., & Fauzi, S. (2021). Pengaruh Pemberian Edukasi terhadap Pencegahan dan Deteksi Dini Penyakit Kanker Payudara pada Ibu-Ibu Majelis Al-’Arabiyyat Kota Palu.

Isnaini, M., et al. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Scratch Sebagai Alternatif Media Belajar Siswa ‘Z Generation’ Untuk Guru-Guru Sdn 1 Labuapi. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 871–875. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6554

Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3). doi: 10.33578/kpd.v1i3.45. DOI: https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.45

Kumala, R. A. D., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2021). PROFIL KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 81–96. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1601.9

Laila, I., Marliansyah, I. S., & Wardarita, R. (2022). Kurikulum Prototipe Pendidikan Paradigma Masa Depan. Jurnal Visi Penelitian dan Pengembangan Bidang Administrasi Pendidikan, 10(2), 28–36. DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6157

Latif, K. A., Hammad, R., & Muhid, A. (2021). Pengenalan Computational thinking pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Wathan Marcapada Lombok Barat. JPMB Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 33–40.

Maylitha, E., Hikmah, S. N., & Hanifa, S. (2022). Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8051–8062.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229

Nurhopipah, A., Nugroho, I. A., & Suhaman, J. (2021). Pembelajaran Pemrograman Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 6–13. DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21291

Nuryanti, N., Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2021). Whatsapp Group-Based Learning Analysis On Achievement And Learning Difficulties Of Elementary School Students. Prima Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 251–262.

Permana, F. C., Sari, M. P., Sylviani, S., Firmansyah, F. H., Sari, I. P., & Padmasari, A. C. (2022). Implementasi Konsep Computational Thinking Bagi Guru dalam Menghadapi Kurikulum Dengan Pembelajaran Abad XXI di Sekolah Dasar. Jurnal Pemanfaatan Teknologi untuk Masyarakat Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v12i2.36603

Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). Analisis minat belajar siswa kelas V sekolah dasar pada materi satuan panjang dalam pembelajaran menggunakan media scratch. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 891–898.

Rozady, M. P., & Koten, Y. P. (2022). Scratch sebagai Problem Solving Computational Thinking dalam Kurikulum Prototipe. Increate-Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi, 8(1).

Rusdiana, & Nasihudin. (2016). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Tinggi: Kajian Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Pusat Penelitian & Penerbitan LP2M UIN SGD Bandung.

Suseno, R. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Penggunaan Dan Perilaku Nyata Penggunaan. Universitas Brawijaya. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/197431/1/rendi%20suseno.pdf

Wulandari, W., Haftani, D. A., Ridwan, T., & Putri, D. I. H. (2021). Pemanfaatan Platform Scratch dalam Pembelajaran Koding di Sekolah Dasar untuk mengasah kemampuan Computational Thinking pada Siswa. Renjana Pendidikan Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1).

Zahid, M. Z., Dewi, N. R., Asih, T. S. N., Winarti, E. R., Putri, T. U. K., & Susilo, B. E. (2021). Scratch Coding for Kids: upaya memperkenalkan mathematical thinking dan computational thinking pada siswa sekolah dasar. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 476–486.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Putro, Y. T. M. ., & Astuti, R. (2024). Penerapan Scratch dalam Pembelajaran Coding Siswa Sekolah Dasar. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 1(4), 21. https://doi.org/10.47134/emergent.v1i4.37

Issue

Section

Articles