Pola Asuh Demokratis Orang Tua dan Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri Sidokare 2 Sidoarjo

Authors

  • Niswatul Izza Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Lely Ika Mariyati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1.30

Keywords:

Pola Asuh Demokratis Orangtua, Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar, Anak Sekolah

Abstract

Penelitian dilakukan karena adanya fenomena siswa yang belum memiliki kesiapan masuk sekolah dasar pada siswa kelas 1 SD Negeri Sidokare 2 Sidoarjo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan kesiapan anak masuk sekolah dasar pada siswa kelas 1 di SD Negeri Sidokare 2 Sidoarjo. Hipotesis yang diajukan adalah hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kesiapan anak masuk sekolah dasar pada siswa kelas 1 SD. Tipe penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil sumber data melalui hasil angket dan instrument tes NST (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa dari jumlah populasi 70 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan teknik kolerasi product moment dari pearson dengan bantuan Program spss 26.0. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan koefisien kolerasi rxy = 0,662 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara pola asuh demokratis orang tua dengan kesiapan anak sekolah masuk sekolah dasar pada siswa kelas 1 di SD Negeri Sidokare 2 Sidoarjo. Artinya semakin tinggi pola asuh demokratis orang tua maka semakin tinggi pula kesiapan anak sekolah masuk sekolah dasar. Sebaliknya, semakin rendah pola asuh demokratis orang tua, maka semakin rendah pula kesiapan anak sekolah masuk sekolah dasar.

References

Adpriyadi, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua dalam Pengembangan Potensi Diri dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 11 No 1. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572

Amalia, L. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Seksual Remaja Akademi Keperawatan. Jurnal Keperawatan BSI, 8(1). Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica

Anggia, S., & Putri, P. (2016). Peranan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesiapan Bersekolah Anak Memasuki Sekolah Dasar. 4(3). DOI: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4092

Azwar, S. (2104). Metode Penelitian, Edisi 1. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar. (2013). Bab III MetodePenelitian.

Chusnandari, M. (n.d.). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Kognitif pada Anak Kelas B di TK ABA Sidoharjo, Polanharjo, Klaten.

Debitiya, I. (2020). Pengaruh Pola Asuh terhadap Perkembangan Kognitif Usia Dini di desa Tanjung Medan Utara. Skripsi Thesis. UMSU.

Gunarsa, Y. S. (2022). Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Herliana, C. E. (2021). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemampuan Bahasa Peserta Didik TK A di TK Maitreyawira Deli Serdang T.P. 2020-2021. Prosiding Bodhi Dharma, 1–8.

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454 DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.27454

Janus, M., & Offord, D. R. (2007). Development and psychometric properties of the early development instrument (edi): a measure of children’s school readiness. Canadian Journal of Behavioural Science, 39, 1–22. DOI: https://doi.org/10.1037/cjbs2007001

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN Malang Press.

Kustimah, & Kusumawati, D. (2007). Gambaran Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau Dari Hasil Test N.S.T (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test).

Lestari, T. (2015). Kumpulan teori untuk kajian pustaka penelitian kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mariyati, L. L., & Affandi, G. R. (Unpublished). Analisis Kualitas Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) Secara Empirik Berdasar Classical Test Theory.

Mariyati. (2017). Usia Dan Jenis Kelamin Dengan Kesiapan Masuk Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Psikologi UMG, 95, 331–334.

Marwati, E., Hasan, S., & Andriani, D. (2016). Kesiapan Memasuki sekolah Dasar Pada Anak di TKIT Attaqwa Gumawang Tahun 2016. Indonesia Journal Of Educational Counseling, 1(1), 93–108. DOI: https://doi.org/10.30653/001.201711.8

Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Perkembangan Potensi Dini dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1).

Mayasari, R. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orangtua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Program Fullday. Skripsi thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nazidah, M. D. P., Zahari, Q. F., & Chasanah, T. U. (2022). Kesiapan Belajar Calistung Siswa SD Kelas Rendah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Layananan Bimbingan Konseling. PAUDIA, 20(10), 417–428. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11232 DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11232

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan), Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Gorup. ahli bahasa; Anwar, A K.

Purnanti, A. W., & Mahardika, A. (2016). Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif dengan Program Wondershare Quiz Creator bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Magelang. WARTA LPM, 19(2), 141–148. DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2748

Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Rudiyati, S., Pujaningsih, & Wati, U. A. (2002). Implementasi dan Diseminasi Model Penanganan Anak Berkesulitan Belajar Berbasis Akomodasi Pembelajaran. Yogyakarta.

Santrock, J. W. (2014). Perkembangan Anak, Edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Saputri, K., Fauzi, & Nurhaidah. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 98–104.

Setiawan, D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan pada Anak Usia Prasekolah di TK Bustanul Athfal Banding Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. S1 Thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan 11. Bandung: Alfabeta.

Thoha, C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yusniah. (2008). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa MTS Al-Falah Jakarta Timur. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Zaly, N. (2017). Pengaruh Faktor Keluarga Terhadap Kesiapan Masuk Sekolah Dasar Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Persada Husada Indonesia, 4(12), 6–10.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Izza, N. ., & Mariyati, L. I. (2024). Pola Asuh Demokratis Orang Tua dan Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri Sidokare 2 Sidoarjo. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 2(1), 13. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1.30

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.