Pengaruh Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Qawaid Siswi MTs Muhammadiyah 15 Al-Mizan Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.47134/emergent.v2i2.24Keywords:
Bahasa Arab, Metode Pembelajaran, Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar qawaid siswi MTs Muhammadiyah 15 Al-Mizan Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswi. Hal ini dapat diketahui dari perhitungan hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,113 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi sebesar 1,686 sehingga diketahui bahwa thitung > ttabel . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar qawaid siswi MTs Muhammadiyah 15 Al-Mizan Lamongan.
References
Ad-Dulaimi, K. M. N. (2013). Asaaliib Tadriis Qowaaid Al-Lughoh Al-Arabiyyah (Edisi pert. Amman: Dar Al-manahej). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Aji, A. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Materi Qowaid Melalui Metode Mind Mapping Bagi Mahasiswa Tamhidy Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong, Sorong.
Al-Qahtani, M. M. S. (2020). Atsar Tathbiiq Istirotijiyyah Al-Khorithoh Adz-Dzihniyyah Fii Muqorror At-Tarbiyah Al-Ijtima’iyyah Wa Al-Wathoniyyah ‘Ala Tahsiil Tholibat As-Shof Ar-Robi’ Al-Ibtidaiyyah. Al-Adab: Majallah Amaliyyah Fashliyyah Mahkamah, 8.
As-Syaikh, A. F. (2019). Lughotul Qur’an (Edisi Pert. Mesir: Daar Qisos Wa Hikaayaat Li An-Nasyri Al-Iliktiruuni). https://kesasandhekayatpub.blogspot.com/
Atho, I. M. (1990). Thorqu Tadriis Al-Lughoh Al-Arabiyyah Wa At-Tadriib Ad-Diniyyah (Edisi pert. Misr: Maktabah An-Nahdhoh Al-Misriyyah).
Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif (Edisi Pert.). Bandung: Widina Media Utama.
Basuki, A. (2020). Pemanfaatan Mind Mapping Dalam Pembelajaran. J. Lingkung. Widyaiswara, 07(02), 18–29.
Buzan, T. (2008). Buku Pinta Mind Map (Edisi Terj.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, S. L., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., 4(4), 755–764. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.755-764
Dinda, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa kelas XII SMK Tritech Bhayangkara Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Fitrianah, R. D. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMAM 1 Kota Bengkulu. al-Bahtsu, 3(1), 20181–20193.
Hammud, K. M. M. (2003). An-Nahwu Wa An-Nahaatu Al-Madaarisu Wa Al-Khoshoisu (Edisi Pert. Bairut: Aalim Al-Kutub).
Hani, N. (2021). Efektifitas Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Penguasaan Jumlah Fi’liyah Siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan SYarif Kasim Riau, Riau.
Harsono, A., Hafsi, A. R., & Budiman, H. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru SDI Al Munawwarah Pamekasan Melalui Pelatihan Penyusunan Soal. J. Masy. Mandiri, 4(2), 281–290. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.2049
Heristiyadi, D., & Prapanca, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran STAD terhadap hasil Belajar Pemrograman Dasar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Driyorejo. J. IT-EDU, 6(2), 170–176.
Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., Sholihat, A., & Lathifah, A. Z. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Kewarganegaraan. J. Pendidik., 21(1), 35–50. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020
Huda, N. F. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel dalam Pembelajaran Qawa’id Nahwu. Lisanan Arab. J. Pendidik. Bhs. Arab, 11(2), 155–174. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1495 DOI: https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1495
Jamil, H., & Sardinayah. (2020). Eksistensi Metode Qawaid Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Revolusi 4.0. Naskhi, 2(1), 30–39. https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi DOI: https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.289
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi Pert.). Yogyakarta: Pandiva Buku.
Kustian, N. G. (2021). Penggunaaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Academia, 1(1), 30–37. DOI: https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384
Litarash, S., et al. (2018). Manaahiju Tadriis Al-Lughoh Al-Arabiyyah. In Al-Mu’tamir Ad-Dauly Al-’Asyir Haula Manaahiju Tadriisi Al-Lughoh Al-Arabiyyah (pp. 1–106).
Redaksi. (n.d.). MTs. Muhammadiyah 15 Lamongan - Lamongan, Jawa Timur. IDalamat. https://idalamat.com/alamat/442419/madrasah-tsanawiyah-muhammadiyah-15-lamongan-jawa-timur (accessed Oct. 03, 2023).
Ro’uf, T. A. (2015). Al-Khoriitoh Adz-Dzihniyyah Wa Mahaarootu At-Ta’liim (Edisi Pert. Mesir: Al-Majmu’ah Al-Arabiyyah Li At-Tadriibi Wa An-Nasyr).
Shabrah, A. husayn, Al-J, J. K. R., & Adri. (2019). Fa’iliyyat Tadris Maadat Al-Ahya’ Wifq Istiraatijiyyah Al-lkharait Adz-Dhihniyyah Al-Iliktruniyyat Fi At-Tahsil wa Al-Ittijah Nahw Al-Mabhath Ladaa Thalibat Al-Asyir Al-Asasiy Fi Al-Urdun. Al-Majallatu Al-Arabiyyah Li l ’Uluum Wa Nasyr Al-Abhats, 7(3), 73–92. https://doi.org/10.26389/AJSRP.J291018 DOI: https://doi.org/10.26389/AJSRP.J291018
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kedu). Bandung: Alfabeta.
Triana, R., Asrin, A., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di SDN 2 Wakul Dan SDN Gerintuk. J. Ilm. Pendas Prim. Educ. J., 2(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.96 DOI: https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.96
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febriana Hadiyanti, Imam Fauji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.